Alumnus-alumnus BSI yang sukses berwirausaha


Mendapat pekerjaan yang bagus dengan gaji yang bagus adalah dambaan hampir setiap  orang. Terutama bagi  para mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduated, hal pertama yang akan mereka lakukan adalah mencari pekerjaan, baik melalui koran atau yang lebih praktis melalui internet. Sangat jarang dari para mahasiswa ini yang ingin berwirausaha, mereka lebih cenderung untuk mencari pekerjaan.

Raymond W.Y.Kao (1995) mengatakan bahwa kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang baru (kreasi baru) atau mampu membuat sesuatu berbeda dengan yang lain(inovasi) dengan tujuan meningkatkan kesejahtaeraan individu dan meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat. Sedangkan wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.
Anggra Mahera, lulusan dari BSI Jatiwaringin tahun 2007. Mengutak-utik bahasa pemrograman yang menjadi hobinya sekarang telah mengantarkannya menjadi salah seorang wirausaha­wan sukses. Mengawali karirnya di sebuah perusahaan konsultan IT, Anggra men­gais ilmu dan menambah relasi-relasi bisnis terutama dengan orang-orang yang berkecimpung di bidang IT. Di perusahaan inilah Anggra melihat peluang untuk jasa pembuatan software house dengan alasan memang di ranah ini pemainnya masih relatif sedikit. Berbekal dengan peluang yang ada dan ide yang dipunya maka Anggra berinisiatif untuk membentuk sebuah peru­sahaan jasa yang menawar­kan Software House yang bisa dipesan ataupun dijual secara retail.

Selain Anggra ada juga Rohayati A Wibowo, wanita yang biasa dipanggil Roha ini telah lama melakukan kegiatannya sebagai karyawan dibagai perusahaan swasta di Jakarta. Setelah jenuh menjadi pegawai gajian, kini Roha memastikan diri untuk berwirausaha. Bermodal pengalaman berbisnis kecil-kecilan semenjak duduk dibangku pendidikan serta bergelut dengan ilmu bisnis Multilevel Marketing yang pernah ia jalani mungkin cukup untuk Roha merintis usahanya sendiri. Alumni BSI kelahiran 27 April 1984 ini memulai usahanya hanya bermodalkan dari satu selimut dan 4 katalog yang ia tawarkan kesetiap konsumennya. Awal tahun 2009 Roha mulai memasarkan bisnisnya melalui internet. Dimulai Februari 2009 Roha memasarkan usaha selimutnya via internet. Tidak terlalu lama bagi Roha untuk mengmbangkan usahanya tersebut, kini dengan banyak respon positif yang ia terima dari setiap konsumennya, maka  ia memutuskan untuk dapat membuka toko offline pada April 2009. Respon positif yang ia terima dari setiap konsumennya membuat bisnis tersebut kian lama makin sukses.

Berwiraswasta atau berwirausaha  memang memerlukan keberanian dan tekad yang kuat serta halangan yang tidak mudah. Harus ada semangat dan komitmen yang kuat serta siap bersusah payah di awal untuk menuai kebahagiaan di akhir. Kemauan dan tekad  yang kuat merupakan modal utama dalam membangun sebuah usaha. Tetapi dibalik kesusahan dan tantangan yang berat ada sesuatu yang besar yang bisa dicapai. Berwirausaha juga akan memberi peluang orang lain mengembangkan usaha juga, paling tidak memberi peluang orang lain mendapatkan penghidupan dari usaha yang kita jalankan dengan menjadi karyawan, seperti yang sudah dilakukan oleh para alumni BSI Anggra Mahera dan Rohayati A Wibowo. (tiray)

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com